Tugas softskill selanjutnya, masih dengan matakuliah yang sama,
That's right Komunikasi Bisnis. Tugas kali ini tentang komunikasi bisnis pocari
sweat, mungkin lebih simple-nya, bagaimana sih cara pocari sweat sampai ke
tahap saat ini.
Lebih lanjutnya, kita simak ulasan dibawah ini;
Sejarah
Perusahaan PT. Amerta Indah OtsukaPT. Amerta Indah Otsuka merupakan anak
perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., yaitu sebuah perusahaan yang
bergerak dibidang farmasi yang sudah terkenal di Jepang. PT. Amerta Indah
Otsuka bergerak di bidang bisnis minuman isotonik, perusahaan ini dulu belum
sebesar dan berkembang dibandingkan saudaranya PT. Otsuka Indonesia yang lebih
dulu masuk ke Indonesia yang bergerak di bidang farmasi.
PT.Amerta Indah Otsuka merupakan sebuah perusahaan yang memasarkan produk
minuman Pocari Sweat di Indonesia.
Belakangan ini selain memproduksi
minuman isotonik dengan merek Pocari Sweat, PT.Amerta Indah Otsuka juga
memproduksi makanan ringan berbentuk bar yang
terbuat dari tepung kedelai dan
buah-buahan asli dengan merek Soyjoy. Pocari Sweat mulai diluncurkan ke pasar
Indonesia pada tahun 1989 melalui PT. Otsuka Indonesia pada tahun 1990 PT.
Otsuka Indonesia melakukan penetapan kontrak pengemasan (peralatan pabrik).
Pada
tahun 1997 Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd mendirikan PT. Amerta Indah Otsuka
dengan membuka pabriknya di Lawang (Malang, JawaTimur) yang memproduksi Pocari
Sweat dengan dipimpin presiden direkturnya Yoshihiro Bando. Pada awal tahun
2001 POCARI SWEAT meluncurkan kemasan sachet 15 gram. Setelah selama 13 tahun
beroperasi dari tahun 1991 sampai 2004 pabrik di Lawang diputuskan untuk
dipindahkan ke pabrik Sukabumi pada awal tahun 2004. Pertimbangannya adalah
untuk lebih menekan biaya produksi dan transportasi serta memberikan kemudahan
penyediaan bahan baku. Sejak dipindahkan ke Sukabumi pabrik mampu memproduksi
Pocari Sweat dua kali lipat menjadi 14
juta kaleng per
bulan. Pada pertengahan tahun
2006, pocari sweat meluncurkan
kemasan PET 500 ml, kemasan PET 350
ml diluncurkan pada bulan oktober 2007, dan pada tahun 2009 kemasan PET2
L diluncurkan. Setelah berhasil
mengembangkan produk Pocari Sweat dalam kemasan botol di dalam negeri dalam
lima tahun terakhir, guna mengimbangi meningkatnya permintaan pasar PT Amerta
Indah Otsuka(AIO), produsen minuman isotonik Pocari Sweat di Indonesia kembali
membangun pabrik minuman Pocari Sweat di Kejayan (PET Line Production) yang
kedua di Indonesia. Peresmian fasilitas ini dilakukan secara langsung oleh
Executive Vice President Otsuka Pharmaceutical co., Ltd. Jepang Mr. Masayuki
Umeno, disaksikan oleh manajemen dan jajaran komisaris PT Amerta Indah Otsuka,
dan dihadiri juga oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Bapak Drs. H. Saifullah Yusuf
serta jajaran muspida setempat, di pabrik PT Amerta Indah Otsuka, Kejayan,Pasuruan,
Jawa Timur (Rabu 26 Mei 2010). Berdiri di luas tanah 112,480 m² dan luas
bangunan 19,326 m², Pabrik Kejayan ini akan mampu menghasilkan PET 350 ml
sebanyak 150 Juta botol/tahun. Pabrik Kejayan ini sudah mulai berproduksi dari
April 2010.
Pesepak
bola Irfan Bachdim berperan dalam iklan Pocari Sweat
Sumber:
www.pocarisweat.co.id/
Pocari
Sweat merupakan minuman isotonik yang pada awalnya diproduksi di Jepang yang
tidak membuat produk sesuai keinginan pasar, akan tetapi perusahaan ini membuat
produk berdasarkan riset atau bukti-bukti ilmiah, baru kemudian
memperkenalkannya ke pasar. Hal inilah yang menyebabkan produk-produknya,
termasuk Pocari Sweat, memerlukan usaha ekstra dalam pemasarannya. Pocari Sweat
merupakan produk nutrasetikal. Produk nutrasetikal didefinisikan sebagai
sejumlah bahan untuk pangan atau bagian dari pangan yang memberi keuntungan
medis, termasuk di dalamnya adalah mencegah penyakit atau menangani penyakit.
Keunggulan minuman isotonik terletak pada kemampuan dalam menggantikan cairan
tubuh secara efektif, sehingga secara tidak langsung produk minuman ini
membantu proses pemulihan tubuh dari kondisi sakit. Jika melihat fungsi minuman
isotonik dan gaya hidup masyarakat yang semakin peduli dengan kesehatan di
tengah kesibukan aktivitas mereka, maka prospek Pocari Sweat sangat baik untuk
dikembangkan. Oleh karena itu, PT Otsuka Pharmaceutikal terus mengembangkan
usahanya hingga ke berbagai negara, termasuk Indonesia.
Perjuangan
untuk memasarkan Pocari Sweat dari tahun 1990 hingga saat ini bukanlah usaha
yang mudah. Penjualan Pocari Sweat mengalami kerugian sejak pertama dipasarkan
di Indonesia, padahal potensi pasar di Indonesia sangat besar. Hasil penjualan
mulai mengalami peningkatan besar pada tahun 2002. Kesulitan memasuki pasar
merupakan kendala utama karena produk ini terbilang baru, sehingga dibutuhkan
edukasi konsumen yang cukup lama. Apabila tidak gigih dalam memperjuangkan
pasar, maka sudah pasti produsen Pocari Sweat sudah ‘melarikan diri’ dari pasar
Indonesia seperti yang terjadi pada Gatorade.
Pocari Sweat menggandeng idol group JKT48 dalam proses promosinya
Namun,
inilah konsekuensi yang harus dihadapi produsen suatu produk jika produsen
tersebut memasarkan produk yang relatif baru dan belum dikenal masyarakat
secara luas. Saat awal penetrasi, persepsi masyarakat di Indonesia terhadap
Pocari Sweat masih kabur. Pocari Sweat disejajarkan dengan minuman ringan lain
atau bahkan dengan air mineral, seperti Coca-Cola, Sprite, Fanta, Aqua, dan
Vit. Padahal, Pocari Sweat merupakan minuman isotonik, yakni minuman pengganti
ion tubuh untuk kesehatan dan kebugaran. Edukasi mengenai pentingnya hidup
sehat terus dilakukan oleh PT Amerta Indah Otsuka sebagai bagian dari strategi
pemasaran agar Pocari Sweat semakin dikenal dan diterima masyarakat. PT Amerta
Indah Otsuka pun terus melakukan edukasi pasar. Berbagai kegiatan komunikasi
pemasaran digelar, mulai dari iklan di TV, media cetak, sponshorship, hingga
berbagai kegiatan below the line dengan menghabiskan biaya miliaran rupiah.
Edukasi melalui jalur medis juga telah ditempuh dengan bantuan para dokter yang
memberi edukasi pada masyarakat. Upaya yang tidak kenal lelah itu akhirnya
berbuah manis. Mulai tahun 2002, penjualan Pocari Sweat mendadak meningkat
tajam. Penjualan Pocari Sweat mengalami pertumbuhan di atas 50% setiap tahun.
Iklan
Pocari Sweat di salah satu stasiun TV Indonesia
Sumber:
youtube.com
Keberhasilan
Pocari Sweat dalam memikat animo positif masyarakat terhadap minuman isotonik
memicu pemain baru memasuki pasar yang sama. Dalam waktu yang hampir bersamaan,
beberapa pemain baru masuk untuk turut menikmati ‘euforia’ pasar minuman
isotonik di Indonesia. Mereka membidik segmen pasar yang tidak terlayani oleh
Pocari Sweat, yakni pasar menengah ke bawah. Tidak hanya itu, pada masa
jayanya, Pocari Sweat pun harus menghadapi masalah akibat kesalahan yang tak
diperbuatnya. Beberapa produk minuman isotonik pesaing terbukti menggunakan
bahan pengawet berbahaya dalam produk minuman isotonik mereka. Kasus itu sempat
mengganggu pasar minuman isotonik, termasuk Pocari Sweat. Namun, melalui
beberapa penelitian, Pocari Sweat terbukti tidak mengandung bahan pengawet
berbahaya sehingga Pocari Sweat kembali mendapat kepercayaan konsumen.
Oleh
karena itu, PT Amerta Indah Otsuka tidak khawatir dengan produk-produk baru
yang menawarkan produk semacam Pocari Sweat. Hal ini karena Pocari Sweat
merupakan produk yang sudah melewati uji klinis dan sudah terbukti khasiatnya,
sehingga tetap dipercaya oleh konsumen. Pocari Sweat merupakan trust brand,
bukan taste brand. Buktinya, Pocari Sweat tetap konsisten menjaga kualitasnya,
mempertahankan segmen pasarnya, dan tidak terbujuk untuk mengeluarkan produk
dalam berbagai rasa. Itulah yang membedakan Pocari Sweat dengan produk-produk
pesaingnya. Sehingga, walaupun banyak pesaing bermunculan dan banyak masalah
yang timbul di pasar, Pocari Sweat saat ini masih menjadi pemimpin pasar
minuman isotonik di Indonesia.
Nah,
itu tadi perjuangan pemasaran Pocari Sweat di Indonesia, sangat inspiratif kan?
Jika kalian ingin tahu sejarah berdirinya Pocari Sweat di negerinya sendiri,
yakni di Jepang, maka silahkan tonton video berikut ini. Film sejarah Pocari
sweat ini juga pernah ditayangkan di salah satu TV swasta di Indonesia.
History of Pocari Sweat
Kini Agen Judi Online Bolavita Menyediakan Segala Jenis Transaksi Deposit & Withdraw Menggunakan Dompet Digital (E-wallet) yang ada di Indonesia.
BalasHapusTersedia Judi Online Deposit Pakai Linkaja, Ovo, Dana, Sakuku. Gopay. Selain Menyediakan Judi Online Deposit Via Pulsa dan Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia.
Bolavita Menyediakan Judi Online Yang Cukup Lengkap. Antara Lain Adalah :
• Judi Sabung Ayam Live
• Judi Casino Live
• Judi Bola / Sportsbook
• Judi Slot Online
• Judi Bola Tangkas
• Judi Poker Online
• Judi Domino
• Judi Ceme / Capsa Susun
• Judi Tembak Ikan Online
• Judi Togel Online
Promo Bonus :
» Bonus Deposit Pertama 10%
» Bonus Deposit Harian 5%
» Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
» Bonus Rollingan Mingguan 0.8%
» Bonus Referral 7% + 2%
Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
Kontak Resmi (Online 24 Jam Setiap Hari) :
» Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
» ID Telegram : @bolavitacc
» ID Wechat : Bolavita
» ID Line : cs_bolavita